Kamis, 19 April 2012

Cara Ampuh Merubah Kualitas Hidup



Bagaimana kehidupan Anda saat ini, apakah sudah baik? lebih baik? tak membaik? atau malah memburuk? Banyak orang tidak pernah berhenti mempertimbangkan apakah arti hidup itu. Mereka memandang ke belakang dan tidak mengerti mengapa relasi mereka berantakan dan mengapa mereka merasa begitu kosong walaupun mereka telah berhasil mencapai apa yang mereka cita-citakan.

Tips di bawah ini berisi tentang bagaimana cara agar menjadikan hidup lebih berkualitas.

  1. Buktikan diri Ada ungkapan “Delapan puluh persen kesuksesan adalah mengeksiskan diri”
    Salah satu hal terbesar dan paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memastikan lebih sukses dalam hidup - apakah itu dalam kehidupan sosial Anda , karir  Anda atau dengan kesehatan  Anda - adalah hanya butuh mengeksiskan diri.
    Jika Anda lebih banyak keluar rumah, maka  Anda akan banyak bertemu teman baru. Hanya dengan lebih banyak muncul (eksis) akan membuat banyak perbedaan. Tidak eksis berarti tidak akan ada jejak Anda.
  2. Segera Lakukan Berikut ini cara untuk mengatasi sifat menunda-nunda pekerjaan :
    - Lakukan yang terberat dan yang paling penting pertama kali pada pagi hari. Kegiatan pada pagi hari akan meningkatkan semangat Anda dan menciptakan momentum positive seharian. Biasanya hal  itu akan menciptakan hari-hari yang produktif.
    - Bagilah pekerjaan Anda dalam beberapa langkah kecil. Kemudian hanya fokuslah pada pekerjaan pertama dan bukan yang lainnya. Lakukanlah hanya pekerjaan itu sampai selesai. Lalu lanjut ke tugas selanjutnya.
    Sifat menunda pekerjaan lahir dari beberapa faktor, lihat pula beberapa faktor pemicu sifat menunda pekerjaan.
  3. Lakukan yang penting, tinggalkan yang tidak pentingAgar hasil kerja Anda efektif mungkin Anda dapat menggunakan aturan 80/20, yaitu Anda mendapatkan 80 persen hasil dengan hanya 20 persen tugas yang dilakukan. Jadi Anda harus memfokuskan energi Anda pada pekerjaan yang pennting-penting saja.
    Tulislah dan urutkan 3 tugas penting Anda untuk hari ini. Kemudian lakukan tugas itu dari urutan yang pertama. Jika Anda hanya dapat melakukan 1 tugas untuk hari ini, hal itu tidak masalah. Setidaknya Anda telah berhasil menyelesaiakan 1 tugas penting.
  4. Berpikir Dengan Jernih dan SederhanaBerkutat pada berpikir dapat menghabiskan tahunan hidup Anda. Tidak ada yang salah dengan berpikir sebelum melakukan sesuatu. Melakukan penelitian, membuat rencana, menggali potensi dan masalah.
    Tapi berkutat pada berpikir dan berpikir  adalah cara lain untuk membuang waktu Anda.  Anda tidak perlu memeriksa segala sesuatu dari setiap sudut sebelum mencobanya. Dan  Anda tidak perlu menunggu waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu. Waktu tepat itu tidak pernah datang. Dan jika Anda hanya terus berpikir  Anda akan menenggelamkan diri ke bawah lebih dalam dan lebih dalam dan mengambil tindakan akan menjadi lebih dan lebih sulit.
    Jawabannya adalah think less, work more. Sedikit berpikir, banyak bekerja.
  5. Selalu berpikir positifSolusinya adalah sadari batas-batas perspektif negatifmu. Dan bahwa perspektif  Anda itu bukan suatu gambaran yang benar 100% di dunia ini. Kemudian coba perspektif lain. Sebagai contoh, selalulah mencoba untuk membentuk kebiasaan melihat hal-hal  yang lebih positif dan optimis. Lakukan tantangan dan mencoba untuk hanya berpikir positif selama 7 hari. Hal itu dapat memberikanmu sebuah wawasan dalam berapa perspektif dan keyakinan dan mengubah cara kamu menafsirkan dunia Anda. Dan lihatlah hasil yang akan  Anda dapatkan.
  6. Jangan malu menerima nasihatSolusinya adalah buka pikiran Anda lebih lebar. Belajar dai kesalahan orang lain atau kesalahan Anda sendiri. Belajar dari buku. Tapi jangan terjebak pada belajarnya, fokuslah pada aksinya, lakukan segera apa yang telah Anda pelajari.
  7. Jangan serakah informasiAmbil informasi yang penting-penting saja, kebnayakan informasi dalam satu waktu malah akan membuat Anda bingung. Jangan biarkan informasi masuk terlalu banyak dalam pikiran Anda dan mempengaruhi pikiran Anda sehingga  Anda terjebak pada hal. Fokuslah pada pekerjaan terpenting saja.
Hari esok dan seterusnya, bergeraklah sesuai niat dan pola hidup yang baik hari demi hari. Evolusi terbukti dapat menyelamatkan hidup berbagai hewan dan tumbuhan. Maka kita juga perlu melakukkan perubahan, agar mampu mempertahankan kualitas hidup. Lihat pula cara mengatasi malas hidup.

2 komentar:

  1. Terima kasih, artikel yang cukup bermanfaat..

    BalasHapus
  2. Bekerja kadang bisa jadi sangat melelahkan. Temukan cara agar hidup berkualitas di Laruno.com Portal Bisnis dan Karir Indonesia untuk menyeimbangkan hidup Anda.

    BalasHapus