Kamis, 26 April 2012

Berbicara Tentang Bahasa Perancis




Menurut Pusat Analisis Bahasa Perancis (Observatoire de la langue française), jumlah penutur bahasa Perancis di seluruh dunia mencapai 220 juta orang. Hal itu menempatkan bahasa Perancis di peringkat ke-8 bahasa internasional. Dalam kategori bahasa resmi negara, bahasa Inggris menduduki urutan pertama karena merupakan bahasa resmi di 63 negara, diikuti oleh bahasa Perancis, yang menjadi bahasa resmi 36 negara.

Bahasa-bahasa tidak saling menutup diri satu sama lain dan jumlah penutur bahasa Perancis sendiri terus berkembang. Seperempat guru bahasa di dunia mengajarkan bahasa Perancis kepada 100 juta orang siswa

Di lingkungan Uni Eropa, bahasa Perancis merupakan bahasa asing pilihan pertama, setelah bahasa Inggris, di sekolah-sekolah dasar dan menengah. Jadi bahasa Perancis menjadi bahasa kedua yang paling banyak dipelajari di 27 negara anggota Uni Eropa, 14 negara di antaranya merupakan anggota Organisasi Frankofoni Internasional (Organisation internationale de la Francophonie).

Menguasai bahasa Perancis merupakan aset untuk pembangunan ekonomi. Perancis aktif dalam kegitaan Ekonomi di berbagai negara. Dan Carefour juga berasal dari Perancis

Ketangguhan bahasa Perancis tersebut diperoleh pertama-tama berkat penyebarannya yang mendunia. Dua per tiga penutur bahasa Perancis yag tersebar di berbagai pelosok dunia menguasai bahasa Perancis bukan sebagai bahasa ibu mereka.

Jumlah penutur bahasa Perancis meningkat tiga kali lipat sejak enam puluh tahun yang lalu. Berlawanan dengan kepercayaan umum, popularitas bahasa Perancis tidak menurun, bahkan sebaliknya. Banyak orang tertarik untuk belajar bahasa Perancis, mengingat potensi bahasa Perancis untuk di gunakan di banyak negara cukup besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar