Senin, 23 April 2012

Aspek Pendukung Kelancaran Komunikasi



Komunikasi merupakan suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan (suara) atau verbal (gaya tubuh) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi jalannya proses komunikasi yaitu;
  1. BudayaInterpretasi suatu pesan akan terbentuk dari pola pikir seseorang melalui kebiasaannya, sehingga semakin sama latar belakang budaya antara komunikator dengan komunikan maka komunikasi semakin efektif.
  2. Ikatan kelompok atau groupNilai-nilai yang dianut oleh suatu kelompok sangat mempengaruhi cara mengamati pesan. Orang cenderung mengikuti keputusan bersama.
  3. HarapanHarapan mempengaruhi penerimaan pesan sehingga dapat menerima pesan sesuai dengan yang diharapkan.
  4. PendidikanSemakin tinggi pendidikan akan semakin kompleks sudut pandang dalam menyikapi isi pesan yang disampaikan. Apalgi saat ini, dimana sudah memasuki pasar global. Akses masuk antar negara semakin mudah. Menyebabkan penting untuk mempelajari beragam bahasa, seperti Belajar Bahasa Arab, Inggris, Mandarin, Perancis, Jepang dll.
  5. SituasiPerilaku manusia dipengaruhi oleh lingkungan/situasi. Maka tak heran jika ada orang yang berbicara denagn berbisik.
Manusia adalah mahluk sosial, yang membutuhkan sosialisasi, interaksi, dan komunikasi dalam hidupnya. Komunikasi juga digunakan untuk bertahan hidup, komunikasi melahirkan pertemuan. Dan pertemuan itulah yang membuat, manusia mampu berkembang dengan cepat dan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar